Kerikil-kerikil Tajam

Kita sering mengabaikan atau menyepelekan hal-hal kecil contoh kerikil. Sifat menyepelekan ini kerap kali akan membuat kita tidak waspada sehingga tergelincir dan jatuh. Belum lagi apabila kerikilnya tajam maka akan membuat luka dan bisa berakibat fatal. Begitu juga dalam belajar Matematika apabila kita tidak teliti, tidak seksama atau bahkan sembrono  maka juga akan berakibat fatal. Oleh karena itu postingan ini saya beri judul Kerikil-kerikil Tajam.

Di sini saya akan menyampaikan beberapa Kerikil-kerikil Tajam yang sering dilakukan siswa, dengan harapan agar nantinya tidak ter(meng)-ulang lagi.

Kuadrat dan Akar Kuadrat suatu Bilangan

Benarkah : x² = 9 → x = 3
Perhatikan :
x² = 9
↔ x² – 9 = 0
↔ (x + 3)(x-3) = 0 → x = – 3 v x = 3
Jadi tidak benar : x² = 9 → x = 3
dan juga tidak benar √9 = ± 3
Secara Umum : x² = a →x = ± √a
√a² = a karena bilangan di bawah tanda √ harus ≥ 0
maka hasilnya juga ≥ 0

‘Kuadrat Jumlah’ dua bilangan (a + b)²

Banyak yang mengerjakan (a + b)² = a² + b², benarkah demikian ?
Misal kita ambil a = 3 dan b = 5
(a + b)²= (3 + 5)² = 8² = 64
a² + b² = 3² + 5² = 9 + 25 = 34
Ternyata  (a + b)² ≠ a² + b²,
Karena (a + b)²= (a + b)(a + b)
(a + b)(a + b) = (3 + 5)(3 + 5) = 64

Dan hal ini dinyatakan : (a + b)² = a² + 2ab + b²